oleh

Gus Din: Guna Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

-Religi-27 views

Oleh: Syafrudin Budiman, SIP.
           (Intelektual Muda Muslim)

Internusamedia.com. – Gus Din atau Syafrudin Budiman SIP mengatakan, shalawat adalah lafazh jama’ dari kata  shalat. Dimana artinya adalah do’a, rahmat, berkah dan inayah. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Allah SWT di dalam firman Nya surat al ahzab ayat 56 :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat Nyya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

“Allah bershalawat kepada Nabi berarti Dia telah mencurahkan rahmat kepadanya. Sedangkan malaikat bershalawat kepada Nabi berarti mendoakan Nabi agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT,” terang Gus Din sapaan akrabnya, Jumat (27/12/2019).

Menurut putra Ustad (Alm) Ach. Zainudin HR dan Ustadzah Mardhiyah ini, sebagai hamba Allah yang beriman, sudah seharusnya kita bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

“Anjuran untuk bershalawat ini telah ditegaskan dalam Al Quran surat al ahzab ayat 56, seperti diatas dan hadits Rasulullah SAW. Karena bershalawat termasuk perintah dari Allah SWT dan sebagai pembuktian pengabdian kepada Nya,” tukas mantan Ketua Sosial Ekonomi DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) periode 2006-2008 ini.

Katanya, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Ibnu Mas’ud ra. Juga telah diterangkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda :

“Manusia yang paling patut berkumpul denganku pada hari kiamat nanti adalah yang paling banyak bersahalawat kepadaku.” kutib Gus Din yang juga Cicit Pendiri dan Ketua Tanfidziah PBNU pertama kali, (Alm) KH. Hasan Bisri (Hasan Gipo) Surabaya.

Berikut hal-hal keutamaan dalam bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, antara lain :

1. Terbebas Dari Kemunafikan dan Dibebaskan Dari Neraka

Dalam hadis Imam Thabrani meriwayatkan
“Barang siapa bershalawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan membalas shalawatnya sebanyak 10 kali. Barangsiapa bershalawat kepadaku 10 kali, maka Allah akan membalas shalawatnya 100 kali. Barang siapa bershalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menghapus pandangannya dari sifat kemunafikan dan membebaskannya dari neraka, serta di hari kiamat akan ditempatkan bersama para syuhada.”

Komentar

Terkini