oleh

Kapal Patroli KMC 38M TNI AD Dilengkapi Senjata Kongsberg Sea Protector MK50

-Nasional-5 views

Internusamedia.com, TNI AD dikabarkan akan kembali mendapatkan kapal patroli terbaru buatan PT Tesco Indomaritim. Hal tersebut dirilis dalam video di YouTube yang memperliatkan kegiatan sea trial dan firing test dari kapal yang disebut sebagai KMC 38M. Desain Kapal dengan nomer lambung AD-64 ini nampak tak beda jauh dengan kapal patroli peronda Lantamal yang dikenal sebagai KAL. Namun justru perhatian netizen pemerhati dunia alutsista tertarik pada sosok senjata yang disematkan persis di depan anjungan.

Dari tayangan di video dapat dipastikan senjata di depan anjungan adalah sebuah SMB (Senapan Mesin Berat) dari jenis Browning M2HB kaliber 12,7 mm. Yang menarik, SMB ini disematkan pada dudukan (mounting) remote control weapon system (RCWS). Ini artinya M2HB dapat ditembakan secara otomatis dan manual, secara otomatis artinya kendali tembakan dilakukan oleh operator berdasarkan panduan sensor dan kamera.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, platform RCWS yang digunakan berasal dari pabrikan mana? Dari penelusuran maka dapat diketahui bahwa RCWS yang terpasang adalah Sea Protector MK50 buatan Kongsberg, manufaktur persenjataan kelas dunia asal Norwegia. Sea Protector adalah varian lain dari RCWS Kongsberg M151 Protector yang lazim dipasang pada kendaraan tempur dan taktis.[artikel number=5 tag=”daerah, internasional, ekonomi-bisnis, hukum-kriminal, kesehatan, nasional, olahraga, opini, pendidikan, politik, religi, sepakbola, vidio” ]

Komentar

Terkini