oleh

Menko PMK Minta Perumahan Bantuan Seroja Segera Diserahkan Ke Pemkot Kupang

-Daerah, Nasional-125 views

KUPANG, IM.COM – Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. minta agar perumahan bantuan siklon Seroja segera diserahkan ke Pemerintah Kota Kupang.

Demikian disampaikan Menko PMK saat meninjau perumahan bantuan untuk korban badai Seroja di Kelurahan Manulai II, Kota Kupang, Rabu (23/3/2022).

Lanjut Muhadjir, kalau tidak ada lagi masalah maka sebaiknya segera diserahkan ke pemkot Kupang untuk diatur agar sedapat mungkin ditempati oleh warga yang berhak menempatinya.

“Sebaiknya segera diserahkan agar menghindari terjadinya penempatan rumah secara sepihak oleh mereka (korban siklon seroja) tanpa koordinasi dengan pihak pemerintah daerah”, tegas Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Wali Kota Kupang, Dr. Jefriston R. Riwu Kore, M.M., M.H., Kepala Balai BPPW NTT, Normansjah Wartabone, dan Staf PT Brantas Abipraya serta Kepala BPBD Kota Kupang Ernes Ludji.

Menurut Menko PMK Muhadjir sudah dibangun 173 rumah tipe 36 untuk warga yang terdampak korban bencana badai Seroja yang harus pindah hunian. Sedangkan bagi rumah terdampak tetapi tidak harus pindah maka diberikan stimulan untuk membangun atau memperbaiki kembali.

“Terkait bantuan bagi warga terdampak bencana seperti dana stimulan untuk pembangunan kembali dan dana tunggu hunian sudah bisa dicairkan”, ujar Muhadjir.

Menanggapi permintaan Menko PMK, Jeriko mengatakan terkait 173 unit rumah akan segera ditempati oleh 173 KK jika sudah diserahkan ke pemkot Kupang.

“Kalau sudah diserahkan kita langsung proses, agar segera ditempati oleh 173 Kepala Keluarga sesuai data yang sudah kita proses sebelumnya” ungkapnya.

Wali Kota Kupang menambahkan Pemkot juga sedang melengkapi berbagai persyaratan untuk memudahkan pembangunan 453 unit rumah. Terutama pembuatan sertifikat tanah milik Pemkot di lokasi lainnya yang berada di wilayah kelurahan Manulai II.

“Kita upayakan agar proses pembangunan 453 Unit rumah segera terlaksana agar kebutuhan warga kota akan hunian yang nyaman segera terpenuhi”, ungkap Wali Kota Jeriko.(Red)

Komentar

Terkini