oleh

KPU Usulkan Majukan Waktu Pemilu 2024

JAKARTA, IM.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum( KPU) RI Ilham Saputra melaporkan sudah menganjurkan ke pemerintah serta DPR RI supaya Pemilu 2024 dipercepat dari 21 April jadi 21 Februari.

“ Kami menginginkan supaya penyelenggaraan pemilu ini dipercepat buat menjauhi kekosongan pencalonan pilkada,” kata Ilham saat berikan paparan pada kegiatan dialog virtual Minggu( 30/ 5/ 2021).

Ilham mengatakan sudah melaksanakan simulasi hari pemungutan suara pada Pemilu 2024. Bila pemilu tetap diselenggarakan April, pihaknya takut akan terdapat perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi( MK) yang akan memakan waktu lama. Terlebih bila MK keluarkan keputusan Pemungutan Suara Ulang( PSU).

Baca juga : Sambangi BPK, Ini Kata Bupati Malaka

Walaupun demikian, Ilham menekankan waktu penerapan itu masih bersifat usulan. Baginya, wajib dibicarakan lebih lanjut dengan masukan dari semua pihak.

“Pemilu 2024 membutuhkan tenaga serta bayaran yang signifikan dan atensi dari semua penyelenggara pemilu,” lanjutnya mengingatkan.

Simulasi secara ril diperlukan supaya terdapat revisi tata kelola paling utama mengestimasi bermacam resiko yang bisa terjadi saat Pemilu serta Pilkada 2024. (*/IMC)

Komentar

Terkini