oleh

Menteri PPPA Temui Perempuan dan Anak Korban Bencana di Desa Pukdale NTT

KAB. KUPANG, IM.COM – Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, hari ini Selasa (04/05) mengunjungi Desa Pukdale yang awal April lalu menjadi salah satu desa terdampak bencana siklon tropis seroja. Tidak sedikit perempuan dan anak di Desa Pukdale ikut menjadi korban. Menteri Bintang dan Menko Muhadjir datang untuk memberikan dukungan baik secara material, moril, maupun sosial bagi para korban khususnya perempuan dan anak.

Menteri Bintang bersama Menko Muhadjir, serta didukung oleh Kementerian/Lembaga lainnya seperti Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan berbagai paket bantuan bagi para korban bencana seperti makanan siap saji, makanan tambahan, serta santunan bagi keluarga korban jiwa akibat bencana. Adapun bantuan yang Kemen PPPA salurkan yaitu paket hygine kits (kebersihan diri) yang diberikan oleh UNFPA.

“Kunjungan kami disini untuk memberikan dukungan secara material maupun moril, sekaligus melakukan pemenuhan kebutuhan paket hygine kits untuk memenuhi kebutuhan perempuan dan anak yang bersifat spesifik dan yang tidak kalah penting untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dan perlindungan bagi perempuan dan anak korban bencana. Perempuan dan anak rawan menjadi kelompok rentan di lokasi bencana,” ungkap Menteri Bintang dalam Dialog Bersama Masyarakat dalam Rangka Penanganan dan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi NTT yang dilaksanakan di Kelurahan Lansiana (03/05).

Baca juga : Persiapkan Lahan Relokasi Korban SEROJA, Pemkot Dan Tim Kementerian PUPR Rapat Bersama

Menteri Bintang juga membagikan masker kepada anak-anak korban bencana, dilanjutkan dengan melakukan bincang hangat serta menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama yang disambut antusias oleh mereka. Menteri Bintang mengingatkan masyarakat di Desa Pukdale agar tetap disiplin menjaga protokol kesehatan meski dalam kondisi yang terbatas. “Saat ini kita masih dalam situasi pandemic Covid-19, sehingga saya minta agar kita semua bisa saling menjaga diri dan keluarga serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegas Menteri Bintang.

Komentar

Terkini