oleh

DORONG PEREKONOMIAN SELATAN JAWA, JALUR PANSELA TERUS DITINGKATKAN

Jakarta (internusamedia.com), Untuk memperlancar konektivitas di selatan Pulau Jawa, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kondisi jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sepanjang 1.405 km yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

Peningkatan kondisi jalan ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan dengan wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa yang lebih maju serta menjadi jalur wisata.

Salah satu ruas Pansela yang telah rampung ditangani berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yakni ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 km. Kondisi ruas jalan tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar dari semula 4,5- 5 meter menjadi 6,5 meter untuk badan jalan, dengan masing-masing lebar bahu jalan 2,5 meter.[artikel number=5 tag=”daerah, internasional, ekonomi-bisnis, hukum-kriminal, kesehatan, nasional, olahraga, opini, pendidikan, politik, religi, sepakbola, vidio” ]

Jalur Pansela Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal 8 ton. Ruas jalan ini juga dilengkapi lampu penerangan menggunakan solar cell di titik-titik yang rawan kecelakaan.

Komentar

Terkini