oleh

Korban Penipuan Komplotan Cyber Fraud Bukan WNI

Batam-Kepri ( internusamedia.com) – Korban penipuan dan pemerasan yang dilakukan 47 Warga Negara Asing (WNA) asal China dan Taiwan, ternyata belum ada yang berasal dari Indonesia.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo mengatakan, korban pemerasan dan penipuan yang dilakukan para tersangka adalah warga asing negara China.

“Modusnya pura-pura sebagai Polisi China, mereka menelpon warga negara China bahwa keluarganya di sana bermasalah dengan hukum dan diminta sejumlah uang ke rekening Bank China,” ujar Prasetyo.[artikel number=5 tag=”daerah, internasional, ekonomi-bisnis, hukum-kriminal, kesehatan, nasional, olahraga, opini, pendidikan, politik, religi, sepakbola, vidio” ]

Prasetyo menjelaskan, 47 orang pelaku ini datang secara bertahap ke Batam. Mereka datang menggunakan pesawat dari China ke Jakarta, lalu dari Jakarta ke Batam secara bertahap.

“Aktor intelektualnya berada di China berinisial MK, memerintahkan satu pelaku yang di sini (AL) untuk menerima orang China yang datang ke Jakarta. Tugas AL mengawasi dan melatih, agar mereka bisa berperan sebagai polisi China gadungan,” kata Prasetyo.

Komentar

Terkini