oleh

Ribuan Penumpang Meninggalkan Batam Merayakan Natal dan Tahun Baru di Kampung Halaman

-Daerah-0 views

Batam – Puncak arus mudik Natal dan Tahun Baruu juga terlihat di Pelabuhan Batuampar pada Sabtu, (21/12/2019) menggunakan KM Kelud.

Berdasarkan manifest total penumpang yang meninggalkan Batam mencapai 3.762 penumpang, dengan tujuan Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Operasional PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam, Dicky Dermawandi mengatakan KM Kelud berangkat pukul 14.00 WIB, setelah bersandar dan menurunkan penumpang.

“Ya tadi sesuai jadwal. Tadi kapal datang lebih awal, sehingga proses penurunan penumpang lebih cepat dari jadwal yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan puncak arus mudik ini, KM Kelud mengangkut jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas dan dispensasi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Karena puncak arus mudik, semua seat maupun nonseat terisi semua. Pemesanan tiket paling banyak diminati untuk keberangkatan tanggal 21, 23, dan 29 Desember.

Ia menambahkan keberangkatan tadi sudah cukup ramai dan penuh. Akibatnya proses check in, para penumpang harus mengantre.

“Sebab yang berangkat lebih banyak dari hari biasanya. Kalau kemarin tidak sampai tiga ribu yang berangkat,” jelasnya.

Dicky mengingatkan kepada calon pemudik yang akan berangkat di jadwal selanjutnya, agar datang satu jam sebelum keberangkatan serta menyiapkan data diri dan tiket kapal.

“Bawa barang jangan terlalu banyak juga. Walaupun kami paham mudik tanpa oleh-oleh tidak sah tapi coba disesuaikan dengan kemampuan saja. Agar memudahkan pemudik juga nantinya,” kata dia.(NL)

Komentar

Terkini